Senin, 23 Maret 2015

Inspirasi Teman Karib




Karya Mahroji Khudori
19 Maret pukul 5:01
‘TEMAN KARIB’’


Jika suatu saat teman karibmu sudah mulai tidak akrab denganmu, jangan terburu memberi penilaian yang negatif. Tahan perkataan yang bersifat mengadu luka dan membawa perselisihan yang berkepanjangan. Mungkin saja temanmu itu sedang menjaga perasaanmu dengan cara berjarak denganmu. Dan itupun bukan maksud melukaimu, ia sedang berusaha akrab dengan orang lain tanpa ingin melibatkanmu. Itu ia lakukan demi kebaikanmu sendiri, tidak selamanya orang itu harus runtang runtung. Justru lama tidak bareng dapat menambah rasa akrab dalam hati. Dan disini kuwalitas pertemanan sedang diuji, siapa yang paling baik dalam menjaga persahabatannya itu.


Pada akhirnya manusia itu juga akan sendiri sendiri, pertemanan itu hanya semata menambah amal baik yang dapat dikerjakan bersama. Disamping itu berteman tidak selamanya harus runtang runtung. Sendiri sendiri bukan berati tidak berteman, bukan berarti tidak akrab. Manusia diberi kebebasan berteman kepada siapa saja, dalam menjalin kemanfaatan dan ukuwah bersama. Ikat pertemananmu dengan ahlak yang baik agar engkau berjiwa besar. Jangan mudah berburuk sangka dengan tuduhan miring lainnya. Siapa tahu justru temanmu itu yang akan memandikan jasadmu saat engkau sudah terbujur kaku.


Agar tidak berlebihan dalam menilai teman karib, jika ia sedang tidak akrab denganmu. Berikan kesempatan kepadanya untuk menambah teman akrabnya selain dirimu dan jangan tersinggung dengan sikapnya. Aku baru saja memandikan jasad orang yang pernah akrab sekali denganku. Indahnya berteman jika tidak keliru niatnya. Tinggalah kebaikannya yang dapat aku kenang, kekurangannya otomatis aku maafkan. Tegakah engkau dengan orang yang pernah baik denganmu? Jika suatu saat ia tidak akrab lagi? Niatan berteman jangan dibatasi dengan keakraban belaka dan jangan pula dilihat dari segi keuntungan. Jika sudah dianggap tidak menguntungkan kamu tega membuangnya.


Sungguh pertemanan itu indah sekali, semakin banyak temannya semakin menambah peluang rejeki yang akan diterima. Dan keuntungan lain dikala kita sedang dilanda kesusahan, minimal ia dapat menghibur dukamu. Jangan bersedih, saat ini temanmu sedang belajar memahamimu sebagaimana engkau memahaminya.

"teman" adalah NASEHAT SEHAT(NS) hari ini.

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More